Apa itu Jurusan Sistem informasi ?


information system
Ruang Lingkup Sistem informasi


Masa SMA adalah masa yang paling kritis bagi para pelajar, khususnya mereka yang sedang ada di ujung tanduk tahun terakhir mereka ( kelas 3 SMA/SMK/sederajat ). Sebab, saat- saat itu adalah penentuan tujuan hidup mereka selanjutnya. Ada yang memilih untuk melanjutkan studinya di perkuliahan, ada yang langsung bekerja, bahkan sampai ada yang langsung menikah.



Bagi yang memilih untuk melanjutkan studi, disini saya akan membahas salah satu prodi (program pendidikan) yang mungkin belum diketahui oleh banyak masyarakat. yakni prodi SISTEM
INFORMASI. masih banyak orang yang beranggapan bahwa Sistem informasi (SI) sama dengan teknik informatika (TI). Secara kasarnya, mereka bergerak dibidang yang sama, yakni sam-sama bekerja dibidang IT. Namun, ada beberapa perbedaan yang mendasar antara SI dengan TI. (akan dibahas di lain waktu).

Sistem informasi memiliki nama lain pada beberapa PT (Perguruan Tinggi) di Indonesia, yakni MANAJEMEN INFORMATIKA. Seperti namanya, sistem informasi adalah salah satu prodi dalam ruang lingkup IT yang menitik-beratkan pada “manajemen” dari IT itu sendiri. Singkatnya, disini kita akan mempelajari bagaimana cara mengoptimalkan IT dan sistem yang ada pada menjadi lebih efektif dan efisien.

Agar lebih semangat, saya beri  informasi beberapa peluang pekerjaan yang akan didapatkan oleh lulusan Sistem Informasi.

programmer
Alur sistem informasi sebuah perusahaan

Hubungan antar komponen dalam dunia kerja IT

1. Pengembang aplikasi perangkat lunak ( Application Developer )
2. Analis bisnis/sistem ( System Analist )
3. Administrator Basis Data ( Database Administration )
4. Manajer sistem informasi ( Information systems Manager )
5. Konsultas TI ( IT consultant )
6. Staf pendukung teknisi IT ( IT technical support office )
7. Manager konten web ( web content master )
8. Desainer antar muka ( user interface design )
9. Edukator ( Educator )
10. Wirausahawan IT ( Entreprenuer IT )

Bagaimana ulasan sekilas mengenai peluang pekerjaan lulusan SI tadi, menarik bukan?. Sebenarnya masih banyak lagi pekerjaan yang dapat dilakukan oleh lulusan SI. Sebab pada zaman ini perkembangan teknologi semakin maju dan banyak perusahaan tentunya membutuhkan seorang tenaga ahli dalam bisang IT.
Oleh sebab itu, memasukkan pilihan Sistem Informasi dalam buku rencana studi anda kedepan adalah tindakan  yang menarik dan berani. DIsini saya akan membagi ilmu pengetahuan yang saya dapatkan tentang Sistem Informasi, karena saya adalah mahasiswa prodi Sistem Informasi disalah satu PTN di Indonesia.
Selamat dan Sukses selalu …!

2 comments:

  1. bagi teman - teman yang bingung mencari refrensi tugas matakuliah sistem informasi,
    makalah sistem informasi, praktikum. silahkan saja >>klik disini<< share berbagai hal yang berhubungan dengan
    ilmu teknologi informasi dan komunikasi khususnya
    seputar sistem informasi silahkan >>Klik Disini<<

    ReplyDelete
  2. prodi SI/TI sangat bagus, di mana2 dibutuhkan, jadi tdk salah utk memasuki bidang ini.

    ReplyDelete