6 Manfaat Menulis Puisi


      Jumpa lagi, setelah saya memberitahu cara menulis puisi yang bagus, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberitahu manfaat menulis puisi. Ketika disekolah, terkadang pada tiap bab tertentu kita diharuskan untuk menciptakan sebuah puisi. Kita pun terkagum pada teman-teman kita yang dapat merangkai kata-kata pada puisinya dengan indahnya. Apalagi bila dia membacakan puisinya dengan penuh penghayatan sehingga kita berdecak kagum padanya.
       Tapi, pernahkah terbesit dipikiranmu"nulis beginian buat apaan sih?"Mungkin banyak dari kamu yang belum mengetahui manfaat dari menulis puisi. Menulis puisi tidak hanya sekedar menulis saja, tapi banyak manfaat bila kamu menulis puisi, seperti :
   
       
            1. Menumbuhkan kreativitas

          Kreativitas sangat diperlukan dalam menjalani hidup ini. Jika kamu ingin meningkatkan kreativitas, maka tulislah puisi. Karena didalam puisi, kita harus pandai dalam mengolah kata seperti majas, diksi, dan bentuk pusi itu sendiri sehingga puisi kita menjadi lebih hidup.
 
      2. Mendapatkan penghasilan

          Bila kamu punya puisi yang bagus, lebih baik kamu kirim puisi tersebut ke media penyedia untuk puisi, seperti di Koran, majalah, dan lain sebagainya.  Dan tentunya kamu bakal mendapat sejumlah uang dari hasil karyamu.

      3. Akan Terkenal

          Menjadi terkenal tentunya banyak diminati orang. Dengan membuat puisi yang sangat bagus, dan banyak majalah yang menerbitkan puisi-puisi ciptaanmu, tentunya kamu akan dikenal oleh banyak masyarakat sebagai salah satu sastrawan di Indonesia yang berbakat, hebat bukan?

            4. Dapat Membuat Hati Senang

           Bila kita dipuji oleh orang lain karena puisi kita yang bagus, tentunya kita akan mempunyai kebanggaan tersendiri.

      5. Belajar Berani

          Menulis karya sastra apapun (termasuk puisi) tentunya membutuhkan sebuah keberanian. Bila kita tidak berani mengungkapkan apa yang ada didalam pikiran dan imajinasi kita, tentunya karya sastra tersebut tidak akan maksimal. Dengan kamu rajin menulis puisi, maka kamu akan belajar untuk berani dalam mengungkapkan sesuatu tanpa bantuan orang lain.
  
      6. Membuat Hati Lega

          Apabila kita tidak bisa mengungkapkan unek-unek kita, maka tulislah !, Dengan menulis, maka kita bisa mengungkapkan segala kesedihan, dan kesenangan  kita kedalam karya puisi yang tentunya membuat si penulis menjadi lebih tenang karena telah mengeluarkan unek-unek nya

       Jadi, bila kita renungkan sejenak, ternyata hal sepele seperti menulis puisi memiliki banyak manfaat. Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat yang didiapat dengan menulis puisi, namun saya hanya menulis apa yang telah saya rasakansetelah menulis puisi. Jadi, tunggu apa lagi, ayo menulis puisi !

4 comments:

  1. Saya senang bisa membaca berita di website ini, saya akan sering berkunjung dan saya harap anda bisa mengunjungi website saya juga, terima kasih

    ReplyDelete
  2. terima kasih ulasannya, puisi selalu menarik minat, manfaatnya juga baik untuk penulis dan pembaca.

    ReplyDelete
  3. senang mengetahuinya, ternyata menulis memiliki maanfaat yang beragam. saya seoarang yangvtertarik dunia tulis menulis jadi tampah semngat. terima kasih ulasannya, sangat inspiratif

    ReplyDelete