Contoh Resensi Buku



Judul Buku : PelajaranTajwid

Pengarang : KH. Imam Zarkasyi

Editor : Tim editor TRIMURTI PRESS

Penerbit : TRIMURTI PRESS

Tahun Terbit : 1999

Urutan Cetakan : XXVI

Ukuran Dimensi Buku : 20,5 X 13,8 cm

Jumlah halaman : 32 lembar
                                                 


            Membaca Al-qur’an dengan baik dan fasih adalah impian seluruh muslim di seluruh dunia. Terlebih lagi, membaca Al-quran dengan baik hukumnya wajib bagi seorang muslim. Namun, pada zaman ini banyak pemuda muslim yang tidak membaca Al quran sesuai dengan tajwidnya (ilmu yang mempelajari cara membaca alquran).Akibatnya, arti dari bacaan itu akan berubah sehingga akan dampak yang ditimbulkan akan sangat fatal. Lalu, bagaimana kita dapat memperbaiki kesalahan-
kesalahan yang sering terjadi tadi? buku yang satu ini hadir dengana penjelasan secara lengkap dan lebih mendalam tentang bagaimana cara membaca al quran sesuai dengan dengan ilmu tajwid.

Buku ini berisi tentang penjelasan mengenai hukum-hukum dan tata cara membaca Al qur’an. Dalam buku ini, terdapat 12 bab utama, di antaranya yakni hukum tentang Ikhfa’, idgam, gunnah, qalqalah, waqaf, mad, mim sukun, dan pengembangan bab utama tadi.

Dalam setiap bab nya, terdapat beberapa sub-bab yang akan menambah penjelasan lebih lanjut mengenai bab yang sedang dibahas. Selain itu, terdapat berbagai macam soal-soal dan latihan pada setiap babnya, sehingga kita dapat mengukur seberapa jauh kita telah memahami bab yang sedang kita pelajari saat itu.

            Menggunakan bahasa yang baku dan kalimat yang sederhana, buku ini ditujukan kepada mereka yang sedang belajar membaca Al qur’an. Sehingga, mereka dapat mengerti materi yang diberikan dengan mudah. Selain itu, kecermatan ejaan dalam buku ini cukup baik dan nyaman untuk dibaca,

Banyak hal menarik yang dapat kita temukan pada buku ini, seperti adanya latihan dan soal pada setiap bab-nya yang masih jarang di temui pada buku tajwid lainnya. Selain itu, bahasa yang digunakan dikemas dalam bahasa yang baku dan sederhana sehingga mudah dipahami untuk mereka yang ingin belajar tentang tajwid. Lalu, kecermatan ejaan dalam buku ini sangat cermat sehingga pembaca dapat menimati bahasa yang di suguhkan. Dan yang terakhir, materi yang disajikan dalm buku ini cukup lengkap baik untuk pemula maupun bagi yang sudah cukup mahir dalam membaca Al-qur’an. Kelebihan inilah yang menjadi “Senjata utama” buku ini untuk menarik pembacanya.

Manfaat yang kita dapat apabila kita membaca buku ini sangatlah baik, seperti menambah wawasan tentang hukum-hukum tajwid yang ada, ataupun sebagai panduan untuk pemula yang ingin belajar tata cara membaca Al qu’an dengan baik dan benar. Sehingga, kita dapat menghidari kesalahan-kesalahan fatal yang sering terjadi saat membaca Al-qur’an.

Namun, dibalik kelebihan tadi, terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki buku ini. Seperti desain sampul yang digunakan masih dirasa kurang bagus. Desain dasar dan pewarnaan sampul buku ini masih terlalu sederhana dan kaku, sehingga bila dilihat dari luar, buku ini tidak terlihat begitu menarik. Lalu, penggunaan bahan kertas yang kurang bagus. Kualitas kertas seperti ini akan menurunkan kenyamanan pada saat sedang membaca bagi sebagian orang.

Jadi, secara keseluruhan buku ini cukup layak untuk dibaca dan dimiliki bagi mereka yang ingin belajar ataupun  hanya  ingin menambah ilmu tentang membaca Al quran. Karena kekurangan-kekurangan yang dimiliki buku ini tidak terlalu berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat dari buku itu sendiri.

1 comment:

  1. nice post bro.. btw bantu isi survey donk d
    http://www.indosurvei.com/dejojo

    ReplyDelete